Kamis, 06 Oktober 2016

Cara membuat Jaringan Peer to Peer dengan Wireless pada Windows 7.

Hey Sobat Denis, kali ini Saya akan berbagi bagaimana cara membuat jaringan Peer to Peer dengan menggunakan Wireless / WiFi pada Windows 7. sebelumnya, Sobat Denis harus tahu dulu apa itu Jaringan Peer to Peer .
Oke Setelah Sobat Denis tahu apa itu Jaringan Peer to Peer, kita akan langsung ke pembahasan.

Membuat Jaringan Peer to Peer dengan Wireless pada Windows 7 sangatlah mudah, karena pada Windows 7 menyediakan fasilitas yang namanya Ad Hoc. terdapat dua cara untuk membuat jaringan ad hoc, pertama melalui pengaturan di Control Panel, dan yang kedua melalui Command Prompt. Disini, Saya hanya akan mempraktikkan bagaimana cara membuat jaringan Peer to Peer melalui Command Prompt.

1. Siapkan dua buah Laptop/PC.
2. Pada PC pertama, buat jaringan Ad Hoc, caranya buka Command Prompt. tekan logo Windows + R pada keyboard lalu ketik: cmd. maka akan muncul tampilan seperti berikut :


3. Lalu ketikkan : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=**** key=*** lalu tekan enter. (*** diganti dengan Nama SSID anda, dan Password key anda)


4. Setelah ditekan enter, maka akan muncul tampilan baru seperti berikut yang menandakan PC anda telah berhasil membuat jaringan Ad Hoc.


5. Setelah berhasil, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan jaringan tersebut. Caranya ketikkan : netsh wlan start hostednetwork pada cmd tersebut, lalu tekan enter.
(untuk menghentikan jaringan tersebut, Sobat hanya tinggal mengganti kata Start menjadi Stop. netsh wlan stop hostednetwork)


6. Selesai ! Anda berhasil membuat jaringan ad hoc pada PC pertama, pada PC kedua silakan cek di menu WiFi, maka akan terlihat Jaringan yang telah anda buat.


langkah selanjutnya, Anda tinggal menghubungkan PC kedua ke PC pertama dengan klik Koneksi pada jaringan yang telah anda buat. setelah saling terhubung, anda dapat melakukan sharing file dari masing-masing PC tersebut.


EmoticonEmoticon